cara menghaluskan tumit

Cara menghaluskan tumit, sederhana dapat dicoba di rumah

Mom

Sering merasa tidak nyaman dirasa pada kulit kaki tepatnya di bagian tumit. Kulit bagian tumit yang kasar bahkan pecah-pecah memang sangat mengganggu. Selain tidak nyaman, tumit yang pecah juga tidak enak dilihat dan dapat membuat tidak percaya diri. Ada beberapa cara mengobati kaki pecah pecah dan khususnya untuk mengembalikan kehalusan kulit tumit anda baik dengan mengobati dengan menemukan penyebabkan maupun dengan melakukan pengobatan. Berikut beberapa cara menghaluskan tumit.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan sebelum kulit tumit anda kering dan pecah- pecah atau paling tidak belum terlalu parah. Pencegahan dengan mencari tahu penyebab kulit tumit anda menjadi kasar dan pecah.

Perbanyak minum air putih

Kurang mengkonsumsi air dapat menjadi satu diantara penyebab lain kulit tumit anda menjadi kering dan pecah- pecah. Karenanua anda perlu banyak mengkonsumsi air putih untuk menambah kelembaban pada kulit anda.

Ganti alas sepatu, hindari penggunaan heels

Penggunaan sepatu dapat menjadi satu penyebab kulit tumit menjadi kasar. Misalkan alas sepatu yang kasar atau kaus kaki yang berkualitas jelek dan menjadi penyebab tumit anda menjadi kasar. Anda dapat memeriksanya dan menggantinya. Begitu pula untuk anda pengguna heels. Ada baiknya anda membatasi penggunaan heels yang terlalu tinggi atau gunakan heels cup sebagai alternatif.

Rutin gunakan masker kaki

Penggunakan masker kaki dapat dilakukan untuk memberi nutrisi pada kulit serta menjaga kelembabannya. Anda dapat dengan mudah menemukan varian masker kaki di platform online seperti bukalapak.

Lakukan scrubbing

Cara lain menjaga kulit kaki tetap sehat adalah dengan melakukan scrub ringan. Hal ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kaki yang sudah kasar dan pecah- pecah. Gunakan campuran buah tomat yang dilumatkan dengan garam atau gula dua sendok makan. Olehkasn scrub yang sudah diracik dan gosok pada seluruh bagian tumit. Anda dapat menggunakan batu apung untuk menggosok demi hasil maksimal. Anda juga dapat mencoba campuran lain untuk bahan scrub.

Baca Juga :  Ini Loh Moms Lotion Anti Nyamuk Untuk Bayi 2 Bulan

Pengobatan cara menghaluskan tumit

Pengobatan dilakukan jika kondisi kulit kaki anda sudah pecah- pecah parah. Anda dapat mencoba beberapa alternatif pengobatan berikut.

Lakukan rendaman kaki

Jika belum terlalu parah hingga pecah-pecah dan belum terasa terlalu sakit, anda dapat merendam kaki menggunakan larutan satu buah lemon dan tiga sendok makan garam. Larutkan ke dalam baskom berukuran sedang untuk digunakan sebagai perendam kaki. Lakukan hingga tiga kali dalam satu minggu untuk hasil maksimal. Larutan tersebut mengandung exfoliate dan pencegah infeksi pada tumit.

Oleskan pelembab

Gunakan pelembab dari minyak atau balsam. Untuk yang berbentuk minyak misalkan minyak zaitun, olive oil, minyak kelapa atau minyak almond. Oleskan baik minyak zaitun maupun balsam lalu gunakan kaus kaki. Dapat dilakukan setiap malam hingga kulit kaki kembali sehat.

Oleskan antiseptic

Jika tumit anda sudah dalam kondisi parah, pecah- pecah hingga terasa sakit. Anda dapat mengoleskan antiseptic untuk menghindari infeksi kulit. Namun jika kondisinya lebih parah lagi misalkan sudah terlanjur berdarah, anda dapat memeriksakannya lebih lanjut pad ahli masalah kaki untuk mendapat perawatan khusus.

Nah itu dia cara menghaluskan tumit yang dapat anda coba. Jaga kesehatan kulit tumit anda untuk selalu tampil cantik dan sehat.