perlengkapan bayi baru lahir

Cara Cuci Perlengkapan Bayi Baru Lahir Dengan Tepat

Mom

Kulit bayi sangatlah sensitif dengan berbagai hal yang berada di sekitarnya. Termasuk pada baju sang bayi Anda sendiri. Ketika Anda tidak melakukan pencucian dengan benar-benar bersih, maka akan sangat berbahaya bagi si bayi. Untuk sebagian orang, terutama bagi para ibu baru, tentunya akan menjadi hal sangat rumit. Namun, tidak perlu khawatir, karena disini kami siapkan cara mencuci baju baru lahir dengan mudah. Baju bayi ini menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda miliki untuk sang buah hati yang memberikan suasana baru di rumah Anda.

Pisahkan Baju Bayi Saat Mencuci Baju

Semua benda dan apapun jenis perlengkapan bayi baru lahir harus dipisahkan dengan barang-barang lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi dari baju anggota keluarga lainnya ke dalam perlengkapan bayi Anda. Pemisahan ini harus dilakukan mengingat bagaimana baju atau perlengkapan bayi lainnya harus benar-benar steril dari kuman dan penyakit. Sedangkan baju anggota keluarga lain cenderung lebih banyak kontaminasinya, karena memang sudah digunakan di luar rumah, dan mendapatkan banyak sekali sentuhan.

Cuci Dengan Tangan Agar Tidak Merusak Serat Kain

Ketika mencuci baju bayi Anda harus menggunakan tangan. Hal ini dikarenakan biasanya baju bayi sangatlah halus. Ketika Anda menggunakan mesin cuci bisa berakibat baju bayi Anda akan rusak. Ketahanan dari baju bayi tersebut tentunya berbeda dengan baju anggota keluarga lainnya. Jadi pemisahan ini akan memastikan baju bayi Anda benar-benar dalam kondisi yang sangat bersih.

Rendam dan perhatikan temperatur air agar baju bayi terbebas dari kuman

Dalam mencuci baju bayi baru lahir juga dilakukan dengan proses sterilisasi. Proses ini dilakukan dengan merendamnya di air panas dengan temperatur 40 derajat celcius, yaitu air yang hangat. Dengan sterilisasi ini akan menghindarkan berbagai macam bakteri dan kuman menyakit. Biasanya sterilisasi ini akan sangat efektif ketika dilakukan dalam waktu selama 30 menit. Dengan demikian, selain kuman dan penyakit yang hilang baju bayi Anda juga akan terbebas dari berbagai macam kotoran yang menempel pada baju bayi, seperti bekas pipis, noda susu, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Mencuci Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Selain menggunakan air hangat Anda juga bisa mencampurkannya dengan sabun pencuci baju bayi yang khusus. Dengan sabun tersebut akan sangat efektif mengangkat kotoran yang membandel sekaligus tidak akan merusak baju bayi Anda.

Pasang putaran mesin cuci paling lembut jika mencucinya dengan mesin

Baju bayi, popok kain, seprai, selimut, dan clodi aman dicuci dengan mesin cuci. Mesin cuci juga tidak akan merusak pakaian bayi. Caranya, tetap gunakan temperatur air yang sama saat kamu mencucinya dengan tangan, lalu pilih sikus putaran lembut pada mesin cuci. Siklus putaran ini cenderung ditandai dengan gambar pakaian bayi atau tangan di panel mesin cuci.

Jika Anda tidak bisa mencuci dengan tangan, Anda juga bisa menggunakan mesin cuci. Hanya saja, penggunaan mesin cuci tersebut juga dengan putaran yang paling lambat. Hal itu ditujukan agar baju bayi Anda tidak rusak oleh gesekan dalam mesin. Setelah kering, baju bayi Anda tidak perlu disterika. Karena memang ukurannya yang realtif kecil, juga baju bayi dibuat sangat nyaman untuk bayi.

Itulah berbagai macam cara agar baju bayi Anda yang baru lahir benar-benar tetap bersih dan tidak mudah rusak.