mainan anak-anak perempuan

Jenis-Jenis Mainan Anak-Anak Perempuan

Mom

Anak-anak zaman sekarang, tidak terkecuali anak laki-laki ataupun perempuan semua pasti lebih memilih untuk memainkan gadget daripada memainkan permainan tradisional. Sudah sangat jarang kita dapat melihat anak-anak sebaya bermain bersama. Padahal banyak mainan anak-anak perempuan tradisional yang mengasikan untuk dimainkan sampai saat ini.

Anak Anda lebih banyak melakukan aktivitas yang bisa dilakukannya sendiri di rumah daripada harus bersosialisasi dengan teman-temannya diluar rumah?Hati-hati, karena hal ini bisa jadi membuat anak-anak cenderung menjadi orang yang tertutup untuk dan sulit berbaur dengan lingkungannya.

Kemudahan seorang anak dalam mengakses gadget memang telah mampu membuat anak lebih tertarik dengan gadgetnya daripada bermain fisik. Hal ini yang menyebabkan anak-anak jarang melakukan interaksi dengan anak-anak seusianya dan malas melakukan kegiatan di luar rumah. Padahal melakukan aktivitas bersama-sama dengan teman sebaya akan memberikan dampak yang besar dalam perkembangan mental anak Anda.

Permainan tradisional lebih mengasikan

Permainan tradisional memang sepertinya sudah tidak banyak diminati oleh anak masa sekarang. Namun bukan berarti permainan ini tidak mengasikan untuk dimainkan. Anak-anak hanya kurang mengenalnya saja.

Anda sebagai orang tua mungkin bisa mengenalkan berbagi macam permainan yang dulu biasa Anda mainkan bersama dengan teman-teman Anda masa kecil. Beberapa permainan dijamin akan membangkitkan kenangan seru masa kecil. Ayo, bermain bersama anak perempuan Anda dengan beberapa permainan tradisional ini.

  1. Bola Bekel

mainan anak-anak perempuanKalau biasanya anak laki-laki berkumpul untuk bermain sepak bola maka anak perempuan berkumpul biasanya untuk memainkan bola bekel. Bola karet yang warna warni digabung dengan beberapa biji kuningan permainan ini melatih konsentrasi dan ketangkasan.

Permainan bola bekel mensyaratkan anak untuk melakukan beberapa gerakan dalam waktu yang bersamaan. Tentu saja bukan perkara yang mudah saat pertama kali dimainkan anak Anda. Namun, lambat laun seiring dengan tingkat kemahirannya, keasikan permainan ini pasti mampu menggantikan kegemaran anak Anda dalam bermain gadget.

  1. Congklak

Permainan ini bisa saja memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Akan tetapi, cara memainkannya sama saja. Congklak hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja. Permainan ini menggunakan papan yang memiliki lubang-lubang yang diisi dengan rumah kerang, keping biji-bijian atau kelereng kecil.

Baca Juga :  Macam-Macam Resep Bubur Bayi dan Cara Membuat Bubur Bayi

Permainan ini dilakukan pemainnya secara bergantian dan yang kalah adalah pemain dengan jumlah biji yang lebih sedikit. Congklak sebenarnya bukan hanya dimainkan oleh anak perempuan, anak laki-lakipun bisa memainkannya.

  1. Bongkar Pasang (Gambaran)

Mainan ini sebenarnya masih bertahan sampai saat ini. Masiih banyak penjual mainan keliling yang menjajakannya. Mainan ini cukup sederhana dan terbuat dari kertas yang memiliki gambar wanita cantik dengan bermacam-macam gaun yang indah. Nantinya gambaran wanita ini akan menjadi tokoh utama dalam drama yang akan dimainkan anak-anak.

Permainan ini memang lebih seru dimainkan bersama teman daripada bermain sendiri. Karena cerita yang akan berkemabgn bisa sangat seru bila bermain beramai-ramai. Dengan mainan murah meriah ini, imaginasi anak Anda akan semakin berkembang. Cukup seru juga bila Anda ingin memainkan permainan ini bersama anak Anda, dan pastinya Anda akan tercengang mendapati betapa lucunya alur cerita drama yang akan anak Anda mainkan.

Bermain adalah salah satu kebutuhan yang harus dimiliki anak-anak. Dengan bermain anak Anda akan terlepas dari perasaan jenuh dan bosan yang bila tidak disalurkan akan berakibat pada perkembangan mental anak Anda. Dengan bermain bersama teman-teman sebaya, anak-anak bisa belajar untuk bersosialisasi, berinteraksi, belajar mengalah dan bersabar, serta belajar berprilaku yang baik agar semua temannya tidak memusuhinya.