4 Manfaat Super Minyak Ikan untuk Tiap Tahapan Ibu Hamil

Mom

Minyak ikan sering diibaratkan sebagai obat super karena kandungan omega 3 di dalamnya punya beragam manfaat untuk kesehatan. Maka tak heran kalau kandungan ini banyak terdapat di dalam suplemen kesehatan. Siapa pun bisa mengonsumsi minyak ikan, asalkan mereka tidak punya alergi terhadap kandungan ini. Begitu juga dengan ibu hamil, baik yang masih hamil muda maupun yang sudah memasuki usia menjelang kelahiran.

Ibu hamil tidak hanya harus memperhatikan kesehatan mereka, tapi juga calon buah hati mereka. Itu sebabnya ibu hamil sering diberi suplemen tambahan oleh dokter atau bidan untuk mencukupi gizi calon buah hati. Minyak ikan termasuk suplemen yang sering diberikan ke ibu hamil karena kandungan omega 3-nya baik untuk si ibu dan si anak. Kira-kira apa saja ya manfaat super minyak ikan untuk ibu hamil?

Perkembangan otak dan visual meningkat

Minyak ikan sering dikonsumsi ibu hamil karena kandungan omega 3-nya yang baik untuk perkembangan otak serta visual buah hati. Hal itu didapatkan dari kandungan docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) di dalamnya.

DHA berperan penting untuk perkembangan otak si kecil. Dari beberapa penelitian, terungkap bahwa bayi yang terlahir dari ibu yang level DHA-nya tinggi mereka lebih aktif serta lebih bagus kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasinya dibanding bayi yang lahir dari ibu yang level DHA-nya rendah. Jadi dapat dikatakan pasokan DHA di awal kehamilan sangat penting untuk bayi.

Mengurangi risiko bayi lahir prematur

Bayi yang lahir prematur sering kali lebih lemah dibanding bayi yang lahir normal. Risiko kematian sampai punya banyak penyakit lekat dengan mereka, dan beberapa di antaranya tidak bisa bertahan. Mereka umumnya juga lahir lebih awal dari waktu yang sudah diperkirakan.

Baca Juga :  Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Susu Penggemuk Badan Anak 6 Tahun dan Lainnya

Saat akan melahirkan, sang ibu mengeluarkan hormon prostaglandin yang banyak sehingga dalam beberapa kasus membuat sang ibu melahirkan lebih awal. Dengan mengonsumsi minyak, hormon prostaglandin dapat berkurang  jumlahnya sehingga risiko bayi lahir prematur pun ikut berkurang.

Mencegah masalah pasca melahirkan

Baby blues dan depresi postpartum merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh sang ibu pasca melahirkan buah hatinya. Sayangnya masih banyak anggota keluarga yang belum aware dengan kondisi ini.

Mengonsumsi minyak ikan dapat membantu meringankan masalah ini. Beberapa penelitian menyebut bahwa ibu baru yang terpenuhi kandungan asam lemak omega 3-nya sedikit yang mengalami baby blues. Mengonsumsi minyak ikan juga dapat menurunkan risiko bayi lahir prematur.

Baik untuk ibu menyusui

Tak hanya sebelum melahirkan dan saat melahirkan saja, mengonsumsi minyak ikan juga diperlukan oleh ibu yang sedang menyusui. Pasalnya setelah melahirkan, tingkat DHA seorang ibu akan rendah karena ia mentransfer DHA miliknya ke ASI untuk memenuhi kandungan gizi si kecil. Itu sebabnya si ibu perlu mengonsumsi suplemen atau makanan yang punya kandungan omega 3 di dalamnya karena tubuh kita tidak memproduksinya sendiri. Nantinya DHA yang diterima si bayi akan baik untuk perkembangan otak dan visual mereka.

Nah, itu dia beberapa manfaat minyak ikan untuk kesehatan ibu hamil, baik sebelum melahirkan sampai menyusui.  Namun perlu diingat, sebelum mulai mengonsumsi minyak ikan, baik dalam bentuk makanan atau suplemen, baiknya konsultasikan dulu ke dokter kandunganmu. Dan apabila dibolehkan mengonsumsinya, jangan dikonsumsi berlebihan, ya. Ingat kata pepatah, apa pun yang berlebihan hasilnya pasti tidak baik.