makanan bayi 6 bulan

Panduan Makanan Bayi 6 Bulan

Mom

Memasuki usia 6 bulan, bayi telah siap diberi makanan padat. Namun, makanan bayi 6 bulan tentunya tetap berbeda dibanding makanan orang dewasa. Makanan bayi bisa diolah sendiri agar bisa memberi nutrisi sehat dan segar serta membantu orangtua dalam memantau kemungkinan adanya alergi. Di usia 6 bulan, tubuh bayi juga sudah bisa menyangga sendiri kepalanya serta tertarik pada makanan yang dikonsumsi orang dewasa. Saat inilah orangtua sudah dapat memberikan Makanan Pendamping ASI atau MPASI seperti biskuit bayi Milna dan aneka makanan padat lainnya. Mengolah MPASI sendiri terutama sangat disarankan karena produk makanan bayi di pasaran telah melalui proses pengolahan terlalu panjang hingga tidak lagi mengandung banyak nutrisi serta vitamin.

Ragam Makanan Bayi 6 Bulan

Bayi 6 bulan awalnya hanya akan mengonsumsi satu sendok teh buah dan sayur dalam sekali makan. Akan tetapi lama kelamaan, porsi ini akan semakin bertambah. Setelah sayuran dan buah, makanan untuk bayi usia 6 bulan bisa divariasikan bersama kelompok makanan lain, misalnya nasi, telur, ikan, pasta dan roti. Macam-macam makanan bayi 6 bulan di antaranya adalah:

  • Buah serta sayuran yang dihaluskan, seperti pisang, alpukat, wortel, kentang, kol, brokoli, bayam, stroberi, apel, anggur, timun dan tomat
  • Sereal, pilih produk yang bebas gluten
  • Bubur khusus untuk bayi maupun daging yang dihaluskan
  • Bubur tahu
  • Bubur kacang-kacangan yang terbuat dari kacang merah, kacang hijau ataupun edamame

Karena bayi baru pertama kali mencoba biskuit bayi Milna yang padat, maka orangtua perlu mencermati apakah bayi mengalami alergi akan makanan tertentu. Agar memudahkan penamatan, tunggu kira-kira 3 hari sebelum mulai memperkenalkan makanan lain pada bayi. Tiga hari merupakan waktu yang umumnya dibutuhkan dalam melihat reaksi alergi, terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat alergi. Termasuk dalam bahan makanan yang dapat memicu alergi ialah telur, susu sapi, ikan, kedelai, gandum serta kerang. Waspadai pula bahan makanan yang bisa menghasilkan gas dalam lambung, seperti aneka produk olahan susu, kacang, gandum serta bawang.

Baca Juga :  Macam-Macam Resep Bubur Bayi dan Cara Membuat Bubur Bayi

Makanan bayi juga sebaiknya tidak termasuk madu. Ini karena pemberian madu pada bayi yang usianya kurang dari setahun akan dapat menimbulkan resiko botulisme. Pemberian susu sapi dan keju umumnya relatif aman, namun sebaiknya tunggu hingga usia bayi mencapai 1 tahun. Langkah awal pemberian MPASI yang tepat adalah bubur yang terbuat dari satu jenis bahan makanan, seperti bubur pisang, bubur alpukat atau bubur beras merah. Bubur pisang misalnya, kaya akan kalium dan serat yang terbukti aman bagi perut bayi. Akan tetapi, jangan terlalu sering memberikannya agar tidak terjadi konstipasi. Lumatkan pisang dengan garpu lalu tambahkan susu formula atau ASI untuk mengencerkannya.

Selain pisang, beras merah juga dapat digunakan. Bahan makanan satu ini terutama tidak akan menyebabkan alergi sehingga relatif aman. Blender beras merah sampai halus, tambahkan air lalu masak menggunakan api sedang hingga mendidih. Kecilkan api dan masak kira-kira 20 menit agar menjadi bubur. Makanan bayi 6 bulan juga dapat berupa bubur alpukat. Dalam buah ini terdapat lemak baik yang memiliki manfaat dalam perkembangan fisik maupun otak bayi. Lumatkan alpukat menggunakan garpu, tambahkan susu formula atau ASI.